Advertising / Photography

It's How You Present

Friday, 29 September 2017 12:55 PM

“It’s not what you present, but it’s how present it. Karena fotografi itu bisnis komunikasi.” - Anton Ismael

 

Fotografi kini menjadi kebutuhan dan gaya hidup manusia dan bisnis modern. Banyak orang bisa memotret, dan tidak sedikit juga yang bisa memotret bagus. Persaingan bisnis fotografi juga makin ketat. 

“Tapi, yang bikin orang tidak bisa bertahan sering kali bukan karena nggak bisa motret. Tapi karena tidak bisa mengkomunikasikan dan menjual karya atau idealismenya,” kata founder, guru dan fotografer Third Eye Space dan Kelas Pagi, Anton Ismael. 

Fotografi itu tak hanya soal memotret. Fotografi itu bisnis komunikasi. Apalagi di ranah industri, komersial. Fotografi adalah komunikasi dengan seni visual. Jadi, sangat paham lighting & photoshop saja belum cukup untuk bisa bertahan di dunia fotografi komersial. Fotografer juga mesti bisa presentasi, Excel & Power Point.

 

 

Buat fotografer komersial, nilai jual sangat ditentukan oleh kemampuan komunikasi dan presentasinya. Ini bukan cuma soal image atau porto berkilau yang ditampilkan di Instagram, Behance atau Facebook. Tapi yang sangat penting, di hadapan klien dan potensial klien. 

“Klien pada umumnya bukan orang yang biasa berpikir secara visual. Karena itu, tugas fotografer untuk bisa menjelaskan pada klien tentang visual yang dibuatnya. Untuk menterjemahkan kebutuhan komunikasi klien dalam produk visual,” papar Anton. 

Tak hanya soal paparan di hadapan klien, komunikasi ini penting di semua level dan tahapan produksi foto komersial. Dari pemahaman brief, sebelum, selama dan sesudah produksi. Hingga di hasil akhir fotonya pun. 

 

Fotografer : Anton Ismael for Tokopedia

 

Foto : Anton Ismael for Nescafe

 

 

Foto untuk iklan itu bukan hanya soal produksi foto cantik atau indah, tapi juga komunikatif. Foto iklan mesti bisa berbicara. Karena foto iklan adalah cara produk berbicara, terhubung, engage pada konsumennya. Apa yang mau disampaikan, itu yang terekam dalam frame. 

 

*Lead photo : Anton Ismael for A Mild

fotografi photography anton ismael seni visual foto komersial creative industry third eye third eye space

Friday, 29 September 2017 12:55 PM

Majalah Anjing 12

Out now! Majalah Anjing 12 membahas tentang kisah berfilosofi kerja dalam sebuah kasus krisis kehidupan seperempat abad si Anjing. Motivasi bekerja atau berkarya. Seperti biasa majalah ini majalah serius tentang dunia bisnis fotografi. Bagaimana seharusnya menyikapi hal tersebut, itu pun masih tergantung kalian yang menyikapi.

10 months ago

Majalah Anjing 11

FOTOGRAFI INDONESIA "TAI" "Majalah Anjing" adalah majalah serius bisnis fotografi, pada edisi ke-11 kami akan membicarakan tentang viral post yang dilakukan Anton Ismael di akun Instagram pribadinya (@antonismael_), apa saja yang akan kami bahas disini tergantung dari kalian bagaimana menyikapinya, jadi tetep keluar tumbuh liar. yahuy

1 year ago

Hidup Tanpa Batas : Go-Jek Indonesia

Berawal dari jasa transportasi, Go-Jek mengubah cara orang menjalani hidupnya, tanpa batas. Produksi foto untuk kampanyenya, dimulai dengan brief kasar berupa coretan-coretan tangan. “Di sini saya merasa berfungsi secara pemikiran. Bukan hanya operator yang memencet kamera. Tapi pemikiran dan hati saya dihargai.” - Anton Ismael

1 year ago