Art / Photography

Food Photographer

Tuesday, 04 July 2017 05:47 PM

“Pada dasarnya karakter manusia itu ada pada makanan. Ada yang keras, crispy, ada yang lembut, manis bahkan pahit. Jenis yang berbeda, memerlukan perlakuan yang berbeda,” papar food photographer Third Eye Space, Murenk Kusnanto.  

 

Seperti manusia, begitu pula dalam pemotretan makanan. Jenis yang berbeda, perlu treatment yang berbeda untuk hasil foto yang terbaik. Seperti apa? Pada dasarnya makanan yang bagus untuk difoto adalah makanan yang fresh, makanan yang baru selesai dimasak, baru keluar dari oven.

 

Foto produk, termasuk makanan, sering dianggap mahal, ribet dan susah. “Di Indonesia, banyak kalangan yang tidak terlalu mementingkan sebuah foto. Biasanya yang sangat peduli justru industri fast food,” lanjut Murenk.

 

Karena mereka harus bisa memberikan impresi terbaik untuk makanan yang mereka sajikan pada calon-calon pembelinya dalam waktu singkat. Lalu seperti apa foto makanan yang baik? Tentu saja, mewakili karakter makanan sebagaimana adanya.

 

Bagaimana caranya jadi fotografer makanan? Bagaimana menjual kepiawaian memotretnya?

 

Portfolio dan terus memotret makanan, itu sudah pasti. “Mulai dari street food, konsep, foto loe sendiri. Loe banyakin nongkrong dan ngobrol. Dimana aja, jangan membatasi diri. Dan loe bilang aja, loe fotografer food,” saran Murenk yang mengawali perjalanannya memotret makanan dari majalah kuliner dan membangun network dari situ. 

 

“Gue cuma mengambil kesempatan. Dan gue selalu menyatakan, bahwa gue adalah food photographer.” 

 

Tuesday, 04 July 2017 05:47 PM

Majalah Anjing 12

Out now! Majalah Anjing 12 membahas tentang kisah berfilosofi kerja dalam sebuah kasus krisis kehidupan seperempat abad si Anjing. Motivasi bekerja atau berkarya. Seperti biasa majalah ini majalah serius tentang dunia bisnis fotografi. Bagaimana seharusnya menyikapi hal tersebut, itu pun masih tergantung kalian yang menyikapi.

6 years ago

Majalah Anjing 11

FOTOGRAFI INDONESIA "TAI" "Majalah Anjing" adalah majalah serius bisnis fotografi, pada edisi ke-11 kami akan membicarakan tentang viral post yang dilakukan Anton Ismael di akun Instagram pribadinya (@antonismael_), apa saja yang akan kami bahas disini tergantung dari kalian bagaimana menyikapinya, jadi tetep keluar tumbuh liar. yahuy

6 years ago

Hidup Tanpa Batas : Go-Jek Indonesia

Berawal dari jasa transportasi, Go-Jek mengubah cara orang menjalani hidupnya, tanpa batas. Produksi foto untuk kampanyenya, dimulai dengan brief kasar berupa coretan-coretan tangan. “Di sini saya merasa berfungsi secara pemikiran. Bukan hanya operator yang memencet kamera. Tapi pemikiran dan hati saya dihargai.” - Anton Ismael

6 years ago